Pencahayaan rumah yang baik – pernahkah kamu merasakan ketika berada di ruangan yang kurang akan pencahayaan menjadi mengantuk dan tidak nyaman? Ruangan tidak berfungsi maksimal apabila tidak memiliki pencahayaan yang tepat. Pencahayaan yang berlebih juga tidak baik, karena bisa menyebabkan mata pusing dan interior-interior rumah menjadi pucat.

Selain untuk kenyamanan, pencahayaan juga sangat berguna untuk menambah keindahan dari rumah. Oleh sebab itu, pencahayaan merupakan hal yang penting untuk kita perhatikan. Pencahayaan dari rumah itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu pencahayaan alami yang berasal dari matahari dan juga pencahayaan buatan yang berasal dari lampu. Apabila kamu sedang mencari tips untuk menata pencahayaan di rumah agar terasa nyaman, simak bacaan ini sampai akhir.

Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk menata pencahayaan di rumah:

  • Menata pencahayaan di teras

cahaya lampu di teras
foto: Pinterest

Selain nyaman, rumah juga harus aman tentunya. Pencahayaan yang terdapat di teras juga berguna untuk penerangan sekaligus menambah keamanan rumah. Pencahayaan pada teras bisa menggunakan lampu pada umumnya, tambahkan lampu dinding juga supaya pencahayaan maksimal dan tetap terlihat elegan. Pilih model lampu dinding yang serasi dengan tipe rumah.

Baca juga: Berikut Beberapa Dеѕаіn Bаlkоn Minimalis yang Estetik

  • Menata pencahayaan di dapur

pencahayaan di dapur

Dapur adalah salah satu area yang harus benar-benar memiliki pencahayaan yang cukup. Apabila pada area dapur tidak ada jendela, kamu bisa memasang skylight agar cahaya pada siang hari tetap bisa masuk dan memberi pencahayaan yang maksimal. Kamu juga bisa menambahkan lampu gantung pada area dapur, namun pastikan lokasi lampunya tidak menciptakan bayangan yang mengganggu kegiatan memasak di dapur.

  • Menata pencahayaan di ruang tamu

lampu ruang tamu

Ruang tamu adalah ruangan yang digunakan untuk berkumpul dan bertemu dengan tamu yang berkunjung. Oleh karena itu, tentu saja ruangannya harus kita buat senyaman mungkin. Supaya tamu yang berkunjung merasa nyaman dan betah. Salah satu kenyamanan bisa tercipta karena ruangan tersebut memiliki pencahayaan yang cukup. Untuk pencahayaan di ruang tamu, kamu bisa menggunakan lampu gantung utama kemudian letakkan ditengah-tengah ruangan. Dengan menggunakan lampu gantung maka pencahayaan akan menyebar merata ke seluruh ruangan.

  • Menata pencahayaan di kamar tidur

pencahayaan kamar

Untuk di kamar tidur posisi pencahayaan jangan terlalu dekat dengan area tidur. Gunakan lampu dinding ataupun lampu meja untuk di samping Kasur. Kamu bisa juga menambahkan lampu tumblr di kamar tidur agar kamar terasa lebih nyaman dan juga estetik. Selain itu, lampu yang cocok untuk dipasang di kamar tidur yaitu lampu yang memiliki warna kekuningan agar bisa menciptakan kesan hangat dan juga rileks.

Baca Juga:  Inspirasi Barang Dekorasi Kamar Kost  yang Murah

Apabila kamu sedang mencari ide dekorasi kamar tidur, kamu bisa membaca Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana Menjadi Estetik

  • Menata pencahayaan di kamar mandi

Peletakkan lampu pada kamar mandi tergantung dari seberapa luas kamar mandinya. Apabila satu lampu cukup untuk menerangi kamar mandi, maka pasang satu lampu tersebut di tengah ruang kamar mandi, agar pencahayaan merata. Tetapi apabila kamar mandinya cukup luas dan memiliki beberapa area, contohnya area wastafel dan bathub agak berjauhan, maka kamu perlu untuk mengaplikasikan beberapa lampu sesuai dengan area-area yang ada.

Semoga bacaan ini dapat membantu dan berguna untuk mewujudkan hunian idaman kamu. Terima kasih sudah membaca.

Bagikan:

Soerasi.id

Solusi dekorasi rumah anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *