Tips memilih sofa – Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang penting di dalam rumah. Tempat pertama yang dikunjungi oleh para tamu adalah ruangan ini, sehingga harus memberikan kesan yang baik. Kita harus pintar-pintar dalam memilih perabotan dan juga dekorasi apa yang akan mempercantik tampilan ruang tamu, supaya para tamu bisa merasa nyaman ketika berkunjung ke rumah.

Hampir di setiap rumah, ruang tamunya memiliki sofa. Entah itu rumah yang memiliki ruang tamu luas ataupun ruang tamu yang sempit dengan lahan terbatas. Tentu saja sofa memiliki peran yang penting dan bisa memengaruhi suatu penampilan dari ruangan. Banyak sekali jenis dan ukuran dari sofa, sehingga kadang membuat kita bingung ketika akan menentukan sofa seperti apa yang harus mengisi ruang tamu yang sempit.

Sebelum membeli sofa untuk ruang tamu tentu saja ada beberapa pertimbangan terlebih dahulu, tidak hanya memikirkan fungsi tapi penampilan dari sofanya juga harus bisa menunjang penampilan dari ruang tamu. Tapi apabila kamu memiliki ruang tamu yang sempit dan bingung harus memilih sofa yang seperti apa, maka simaklah beberapa tips untuk memilih sofa di ruang tamu yang sempit di bawah ini.

  1. Lakukan pengukuran area terlebih dahulu

Sebelum membeli sofa, alangkah lebih baiknya untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu pada ruangan yang akan diisi sofa. Umumnya ukuran dari sofa tidak boleh lebih dari 30% luas ruangannya. Pilih ukuran sofa yang seusai dengan luas ruangan. Untuk cara mengukurnya bisa dengan menggunakan meteran, hitung ukuran panjang serta lebar dari area ruangannya. Pastikan ukuran dari sofa tidak akan membuat ruangan menjadi sumpek dan membatasi ruang gerak.

  1. Memilih sofa yang berbentuk L

memilih sofa untuk ruang tamu sempit

Sofa yang berbentuk L sangat cocok untuk ruang tamu yang kecil, karena sofa L bisa menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih luas. Jangan gunakan sofa yang bulat dan melingkar karena akan memakan banyak ruang. Dengan menggunakan sofa berbentuk L, maka sudut ruangan juga bisa digunakan secara maksimal. Apabila ruang tamunya terhubung langsung dengan ruang lainnya, maka model sofa yang berbentuk L ini juga bisa menjadi pembatas ruangan satu dengan ruangan yang lain.

  1. Perhatikan warna dari sofa

Tidak hanya memilih cat warna tembok, pemilihan warna furnitur untuk mengisi rumah juga harus diperhatikan. Dalam pemilihan warna sofa, bisa juga menyesuaikan dengan warna ruangannya. Jangan memilih warna yang sama dengan warna tembok karena akan terkesan monoton. Pemilihan warna-warna yang netral dengan perpaduan warna yang cerah bisa menciptakan tampilan ruangan menjadi lebih luas.

Baca Juga:  Belanja Furniture Online yang Aman

Kamu mungkin tertarik: Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Tembok Untuk Rumah

  1. Pilih sofa yang multifungsi storage

Saat ini jenis dan model sofa memang semakin banyak dan juga unik. Tidak hanya sebagai tempat duduk, tapi ada juga sofa yang sekaligus bisa kita gunakan sebagai tempat penyimpanan. Jika memiliki ruang tamu yang sempit, tentu saja kita harus bisa memanfaatkan ruang sebaik mungkin. Sofa yang memiliki storage adalah salah satu solusinya. Adanya sofa yang sekaligus bisa untuk menyimpan barang akan sangat membantu dalam menghemat ruang. Selain menghemat ruang, penyimpanan pada sofa juga membantu agar barang-barang terhindar dari debu.

Baca juga: Hiasan Rumah Pemanis Ruang Tamu Bagus dan Menarik

  1. Pilih sofa modular

memilih sofa untuk ruang tamu sempit

Sofa modular yaitu sofa yang bisa kita pisah dan sambung sesuai keinginan. Sofa ini juga sangat cocok untuk ruang tamu yang minimalis, karena sifatnya yang fleksibel. Keuntungan dari sofa modular ini juga mudah untuk dipindah-pindahkan.

Gimana? apa sudah dapat inspirasi model sofa seperti apa yang akan dipilih? semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.

Bagikan:

Soerasi.id

Solusi dekorasi rumah anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *