Memiliki rumah yang aman dan nyaman tentunya impian semua orang. Rumah tidak hanya sekedar nyaman, tetapi juga harus menjamin keamanan para penghuninya. Terutama untuk penghuni rumah yang memiliki anak kecil, tentu saja harus lebih ekstra dalam memilih dan menata furnitur demi keamanan si kecil.

Anak kecil memang sangat aktif dan suka berlarian ke sana-sini, jangan sampai kondisi yang seperti ini membahayakan si anak ketika bermain di dalam rumah. Bagaimana cara menciptakan rumah yang aman untuk anak? Kamu bisa simak beberapa tips di bawah ini

  1. Pilih Furnitur yang Aman Untuk Anak

    furnitur ramah anak

Salah satu fungsi dari penggunaan furnitur selain untuk menyimpan barang yaitu untuk mempercantik rumah, namun tidak semua furnitur ramah anak. Jadi perhatikan untuk pemilihan furnitur. Pilih furnitur yang kualitasnya baik dan material bahannya aman untuk anak. Hindari furnitur yang memiliki ujung lancip, karena berisiko melukai anak ketika sedang bermain.

Baca juga: Tips Memilih Furniture Murah

  1. Jauhkan Barang Pecah Belah dan Juga Obat-obatan

    barang pecah belah tidak ramah anak
    foto: AliExpress.com

Rasa keingintahuan anak memang sangat tinggi. Anak-anak biasanya tertarik dengan barang-barang yang tidak biasa mereka mainkan, oleh karena itu barang-barang yang bisa membahayakan keselamatan si kecil ketika sedang bermain di rumah harus dijauhkan. Sembunyikan obat-obatan yang ada, karena khawatir si anak akan memasukkannya ke dalam mulut.  Amankan barang-barang yang terbuat dari keramik ataupun kaca seperti vas bunga, piring keramik, guci.

  1. Menggunakan Karpet Ubin

Karpet ubin
foto: Google

Bermain di atas karpet memang lebih nyaman, namun tumpahan dan juga noda sangat rentan terjadi di karpet apabila kita memiliki anak kecil. Daripada menggunakan karpet yang berbentuk bentangan lebar lebih baik memilih karpet ubin, karena lebih mudah memindahkan dan juga membersihkan karpet ubin ini dibandingkan karpet yang lebar.

  1. Gunakan Pelindung Stopkontak

    pelindung stop kontak untuk rumah aman anak
    foto: mybest.id

Banyak kasus kecelakaan yang terjadi pada anak akibat tersengat listrik dari stopkontak. Lindungi si kecil dari hal-hal yang membuatnya celaka. Apabila posisi stopkontak sudah tidak bisa dipindahkan dan masih berada dalam jangkauan si anak, maka kamu bisa menggunakan pengaman stopkontak. Sudah banyak yang menjual berbagai macam jenis pengaman stopkontak.

  1. Pasang Door Stopper

    door stopper
    foto: yumorechina.com

Door stopper yaitu produk yang bisa menahan pintu supaya pintu tidak terbentur tembok, selain itu door stopper juga berfungsi  untuk menahan daun pintu agar tidak bergerak. Biasanya anak senang berkeliling dan menjelajahi setiap sudut rumah dan memainkan semua benda termasuk juga pintu. Pemasangan door stopper pada setiap pintu berguna untuk melindungi si kecil dari bahaya terjepit pintu.

Baca Juga:  Tips Agar Dapur Kecil Terorganisir dan Tetap Rapi

Nah, kini kamu sudah tahu kan prioritas utama setiap keluarga yang sudah memiliki buah hati tentu saja prioritas utamanya adalah anak tersebut, setiap orang tua tentu saja mengutamakan keselamatan dari sang anak. Semoga bacaan ini bisa kamu terapkan dan bermanfaat ya!

Setelah membaca tips agar rumah aman untuk anak, kamu bisa juga membaca Inspirasi Dekorasi Taman Minimalis Terbaru

Bagikan:

Soerasi.id

Solusi dekorasi rumah anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *