Furnitur kayu memang cocok untuk berbagai perabotan di rumah. Material dari kayu memberikan kesan yang alami dan juga natural. Namun perawatan furnitur kayu terkadang agak sulit, tidak seperti furnitur ataupun perabotan yang terbuat dari plastik. Furnitur yang bagus dan mewah tentu saja akan terlihat kusam bahkan cepat rusak apabila kita tidak merawatnya secara baik.

Furnitur yang terbuat dari kayu membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman. Warna-warna kecokelatan serta serat alami yang ada pada kayu menambah kesan estetik pada ruangan.  Terkadang warna dari furnitur kayu akan memudar dan tidak mengilap lagi, oleh sebab itu kita harus melakukan perawatan pada furnitur.

Berikut adalah cara perawatan furnitur kayu yang harus kamu tahu:

Bersihkan secara teratur

membersihkan meja kayu
foto: Freepik.com

Segera bersihkan furnitur apabila sudah dirasa kotor, jangan sampai diamkan hingga berdebu. Karena apabila tidak pernah dibersihkan maka furnitur akan cepat keropos. Untuk membersihkannya gunakan kain atau kemoceng yang tidak menyebabkan kerusakan atau menimbulkan goresan pada permukaan furnitur. Kamu juga bisa menggunakan vakum untuk membersihkan debu yang ada. Bisa juga menggunakan kuas kecil atau sikat gigi untuk area yang tidak terjangkau atau sempit.

Jauhkan dari paparan matahari langsung

Furnitur kayu memang banyak yang serbaguna, tapi untuk peletakannya lebih baik pada lokasi yang memiliki suhu ruang dan tidak terpapar oleh matahari secara langsung. Furnitur kayu yang terus-menerus terkena paparan sinar matahari akan lapuk dan warnanya juga akan memudar, oleh sebab itu letakkan furnitur kayu pada area yang aman. Apabila sudah terpasang di dekat jendela yang sering terkena matahari, dan tidak memungkinkan untuk dipindahkan maka pasang tirai tutup jendela.

Baca Juga:  Ide Dekorasi Kamar Tidur Minimalis

Beberapa furnitur yang terbuat dari kayu bisa kamu lihat di sini

Menggunakan obat anti rayap

membersihkakn meja

Banyak sekali yang mengalami kerusakan pada furnitur yang dan penyebab kerusakannya yaitu rayap. Walaupun material kayunya bagus dan kuat, kamu harus tetap waspada akan kemungkinan terjadinya kerusakan tersebut. Kamu bisa menggunakan cairan anti rayap pada furnitur kayu yang ada untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan akibat rayap. Penggunaan dari cairan anti rayap juga mudah, kamu cukup mengoleskan cairan tersebut pada permukaan furnitur.

Jauhkan dari area yang terkena air

perawatan furniture kayu
Water drop on a wood

Jangan letakkan furnitur kayu pada area yang terlalu sering terkena air. Jauhkan barang furnitur kayu dari cipratan air hujan. Hal tersebut bisa mempercepat kerusakan pada kayu. Lumut dan jamur juga akan tumbuh pada furnitur kayu yang terlalu sering terkena air. Oleh sebab itu, jauhkan dari area basah supaya furnitur kayu bisa tahan lama. Selain memacu pertumbuhan jamur dan lumut, furnitur yang terkena air juga lama kelamaan akan menyebabkan kayu mengalami kebusukan.

Menggunakan biopolish

membersihkan furniture kayu

Tadi di atas sudah dibahas bahwa furnitur dari kayu harus terhindar dari area yang terkena paparan matahari langsung, namun apabila penyimpanan furnitur tersebut sudah terlanjur berada di luar ruangan dan terkena paparan matahari maka penggunaan biopolish merupakan salah satu cara untuk merawatnya. Biopolish berguna untuk melindungi serta mempertahankan keindahan dari warna kayu dan juga seratnya, biopolish juga bisa mencegah pertumbuhan jamur.

Penggunaan biopolish cukup seminggu sekali atau minimal satu bulan sekali. Untuk penggunaannya cukup mudah. Oleskan biopolish pada seluruh permukaan furnitur kayu secara merata kemudian diamkan kurang lebih 5 menit, lalu gosok menggunakan kain kering yang lembut.

Baca Juga:  Tips Belanja Furniture secara Online

Kamu juga bisa membaca: 4 Tips Agar Furniture Tidak Mudah Berjamur, Dijamin Ampuh

Bagikan:

Soerasi.id

Solusi dekorasi rumah anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *